Kursus Administrasi Perkantoran Online

 

Nah, kali ini anda akan menjelaskan tentang tugas-tugas staf administrasi. Admin sendiri tersebut apa sih? Admin ialah seorang yang bekerja di suatu perusahaan dan menduduki posisi sebagai admin di kantornya / perusahaan. Namun, tidak sedikit belum yang memahami apa saja tugas dan tanggung jawab seorang admin serta tujuan faedah dan beda sebagainya. Berikut ini akan diterangkan mengenai tugas dan tanggung jawab seorang admin.

 

Tugas Administrasi Secara Umum

Banyak dari anda yang mau pekerjaan guna jadi Staff Administrasi, walau kegiatan ini semakin tidak sedikit di kekuasaan oleh perempuan akan namun tidak tertutup kesempatan untuk lelaki untuk menduduki tempat ini, tersebut kegiatan serta tanggung jawab Staff Administrasi.

Pekerjaan sangat penting guna seseorang staff Administrasi yaitu melakukan pekerjaan service kantor, penyediaan sarana serta service administrasi perkantoran, cocok sama ketetapan yang berlaku untuk menyokong kelancaran operasional perusahaan.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi

Tanggung Jawab :

 

Kelancaran serta keakuratan data penjualan serta data tagihan

 

Tugas-tugas berhubungan dengan:

 

Data Penjualan

Mencatat dan mengecek status data penjualan mana yang suadah masuk serta yang belum pun supaya mempermudah guna menindaklanjuti kekurangannya.

Menginput data penjualan keseharian dengan seksama benar dan pun cocok.

Buat penagihan serta menindak lanjuti ekspedisi data penjualan harian.

Selesainya menyerahkan informasi problem cacat (umpamanya masalah teknis penginputan/computer, keterlambatan data) pada Supervisor Adm. guna ditindaklanjuti

Check Hasil Input

Memeriksa pulang tiap-tiap data yang telah di input agar tidak terjadi kekeliruan

Membuat cross periksa dengan customers bila temukan selisih pada harga jual di

Faktur dengan Data Komputer

Membuat cross periksa 1 kali dalam 1 minggu dengan pihak pabrik

Laporan

Buat informasi ujung bln. berupa faktur penjualan untuk di berikan pada Supervisor Adm. sesudah diperiksa dengan informasi tagihan dari setiap counter.

Merekap tagihan dari counter per periode.

Mendistribusikan duplikat faktur konsinyasi ke masing-masing counter.

Buat informasi penjualan serta tagihan customers serta pabrik

Merekap retur customers

Menolong Supervisor Adm. dalam menyiapkan seluruh informasi yang berhubungan dengan penjualan (seperti informasi penjualan barang konsinyasi, dan lain-lain)

Administrasi serta Pengarsipan

Menaruh berkas data penjualan yang sudah serta belum juga diubah dengan apik dan systematis sampai mempermudah bila satu waktu pun akan di raih kembali.

Merekap keperluan ATK serta kebutuhan yang lain laksana Kantong Plastik, Polybag, kardus, (brosur, POP)

Memajukan kebutuhan ATK pada Supervisor Admin untuk dicek serta menciptakan kesepakatan dari Business Retail Section Chief.

Tugas Administrator

Tanggung jawab admin sendiri mempunyai artian yang luas, tetapi intinya meyakinkan seluruh pekerjaan yang mempunyai sifat administratif / ketatausahaan kantor ataupun perusahaan berlangsung dengan baik dan lancar. Tugas pengurus sebagai berikut:

 

Memilah pos, surat, paket kiriman, pemesanan.

Menjawab dan menerima telepon, pengetikan, dokumen, surat menyurat offline ataupun online

Memesan persediaan media tulis kantor

Menyapa dan menanggapi klien

Membuat kegiatan kantor

Filling data entry / memenuhi data entri perusahaan

Mengelola kitab harian

Tugas Staff Administrasi

Filing/Rekap Data

Tugas yang satu ini ialah salah satu tugas dari seorang staff admnistrasi yang pasti ini menjadi tugas administrasi umum dalam suatu kantor, filing data mencakup surat domisili, surat bukti transaksi yang sudah dicoba oleh perusahaan, surat-surat berharga asset perusahaan. Hal ini paling sehubungan dengan tugas staff administrasi gudang yang jarang sehubungan dengan dunia kantor dan lebih berfokus pada lapangan.

 

Mungkin beberapa orang cuma memandang mudah tugas seorang admin, sebenarnya ternyata kegiatan ini pun membutuhkan konsentrasi dan kesabaran yang besar kecuali merekap suatu data perusahaan yang telah ada sebelumnya, seorang pengurus pun mempunyai keharusan untuk menjadikan data perusahaan. Data apakah itu? Pasti data yang terkaitdengan perusahaan.

 

Menjawab Telepon Masuk

Jangan anda kira tugas ini adalahtugas yang mudah, tidak sedikit orang yang tidak bisa berkata ramah malah malah grogi bilamana berbicara lewat telepon. Sebagai seorang pengurus di perkantoran, staff admin mesti paham posisinya sebagai penyedia baik pelayanan ataupun jasa.

 

Maka dari tersebut dia wajib memiliki kode etik yang ramah dalam membalas segala telepon yang masuk ke perusahaan dan memang ada hubungannya dengan Direksi. Menjawab telepon masuk pun merupakan misal tugas administrasi perkantoran dan bisa dikategorikan menjadi tugas rutin sebab setiap hari seorang admin bakal menerima telepon masuk baik tersebut untuk operasional perusahaan ataupun telepon dari sahabat perusahaan.

 

Pembuatan Surat

Tugas seorang Staff Admin yang selanjutnya adalahpembuatan surat kebutuhan kantor. Surat yang diurus oleh seorang staff admin umumnya mempunyai sifat resmi dan memang merupakan kebutuhan kantor. Beberapa surat yang sebagai tanggung jawab seorang staff admin diantaranya adalahsurat domisili, surat perintah kerja, surat perpanjangan kontrak, surat pembelian, surat penjualan dan sejumlah surat yang sebagai kebutuhan kantor.

 

Inilah yang dimaksud dengan penciptaan data, seorang admin disebuah perusahaan tentu tentu biasa mendapatkan kegiatan yang tidak tersangka dari atasan, dan tentunya bilamana seorang admin belum pernah menggarap tugas yang diserahkan kepala sebelumnya, maka dia mesti guna belajar.

 

Membuat Penjadwalan

Butuh anda ketahui bahwa penjadwalan yang mempunyai sifat global ini malah malah lebih biasa terjadi ketimbang yang mempunyai sifat private yang biasa menjadi tugas sekretaris. Umumnya bakal diusahakan bareng dengan klien yang memang sudah dibuatkan hari guna meet up bersamaan dengan klien yang berbeda. Supaya dapat menjelaskan format kerja sama kepada tidak sedikit klien secara kolektif.

 

Front Office

Di samping di back office, seorang pengurus juga dapat di tempatkan pada posisi front office. Karena memang pada posisi ini pun tidak dapat dijabatkan untuk orang yang sembarangan. Seorang yang sedang di posisi front office mesti pintar dan baik dalam berkomunikasi supaya dapat mengkondisikan keadaan serta pelayanan pada perusahaan lokasi dia bekerja. Semua kegiatan dan jobdesk yang ada di kantor dan perusahaan telah ditata sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

 

Keseluruhan faedah tersebut tidak terdapat yang berada diatas atau dibawah, perlu kamu ketahui bahwa seluruh bagian dan staff sama-sama bersinergi untuk menjangkau keberhasilan yaitu memajukan dan mengembangkan perusahaan. Apabila terdapat satu unsur ataupun staff saja yang tidak balance, maka kantor akan mendatangi masalah pada menjalankan visi dan tujuan perusahaan.

 

Mempunyai Keahlian Lain

Selain sejumlah tugas diatas, seorang admin perkantoran pun akan sangat terbantu bilamana dia memiliki keahlian lain dibidangnya, contohnya saja seperti kemahiran mengoperasikan pengamalan autocad atau photoshop. bilamana seorang admin mempunyai kemahiran tersebut maka dapat dipastikan dia bakal paling bermanfaat dimata atasan. Apabila kamu berkeinginan menjadi seorang admin disebuah perusahaan maka tidak terdapat salahnya bilamana kamu mulai belajar mengoperasikan kedua pengamalan yang paling diperlukan setiap perusahaan tersebut.

 

Tugas Administrasi Perkantoran

Menerima Panggilan Telepon

Seorang admin kantor lazimnya yang sangat bertugas guna urusan komunikasi melewati telepon, menerima dan menciptakan panggilan melewati telepon dari pihak luar. Di sini perlu mempunyai keterampilan komunikasi yang baik. Bagi perkantoran skala kecil menengah, lazimnya ya memang mesti bertugas untuk membalas telepon. Beda bilamana untuk perusahaan skala besar, umumnya telah ada divisi beda seperti Customer Service.

 

Menjadikan Agenda Kantor

Dari komunikasi melewati telepon, tidak jarang ada rekanan yang berkeinginan jumpa dengan pimpinan perusahaan ataupun divisi lain. Nah, tugas administrasi Perkantoran pun wajib menyiapkan agenda guna kegiatan-kegiatan semacam ini. Tapi guna mengagendakan jadwal pertemuan, perlu adanya komunikasi dengan unsur lain agar jadwal dapat tersusun dengan benar dan tidak bertabrakan.

 

Entri Data Perusahaan

Nah, yang menjadi tugas urgen di masing-masing kantor untuk kegiatan ini lazimnya adalahmasalah entri data (rekap data). Data transaksi dari klien, data informasi konsumen dan lainnya mesti direkap. Tenang, tidak semuanya di rekap sendiri. bilamana perusahaan telah ada divisi lain, contoh divisi gudang, lazimnya tugas admin kantor hanya merekap benang merah yang telah dicoba dari divisi lain.

 

Administrasi perkantoran mesti memiliki kecermatan yang mendalam. Data-data laksana alamat, nomor telepon, dan lainnya mesti direkap dengan terstruktur supaya gampang untuk dicarinya.

 

Membuat Berkas Data

Agar data-data gampang dikelola, maka perlu diusahakan pengarsipan. Ini pun yang menjadi tugas administrasi Perkantoran. Sehingga data dokumen dan apapun itu dapat terorganisir dengan baik.

 

Tugas Administrasi Gudang

Data Pemesanan Barang

Administrasi tidak sedikit terkaitdengan pemasok. Perjanjian produk yang returnable pun dapat menguntungkan perusahaan dikomparasikan dengan sistem beli putus.

 

Perjanijian ini lebih-lebih dapat sebegitu ketat, seperti wahid peritel luar negeri yang tersangkut permasalahan di KPPU, salah satunya karena diperkirakan mengadakan perjanjian pada pemasok agar harga yang masuk ke ritel itu wajib lebih murah dibanding ritel mana saja yang memesan barang sama dengan pemasok. Ini ialah format praktek monopoli.

 

Hubungan dekat dengan pihak administrasi pun dijalankan dalam rangka menjalin supplier relationship management. Banyak karena yang memprovokasi supplier relationship management dan itu tidak sedikit menyangkut etika bisnis.

 

Data Inventory

Administrasi menjadi ujung tombak seluruh pendaftaran arus hadir masuk barang, sampai-sampai pengendalian operasional lebih dimudahkan dengan adanya ketepatan data. Bukti pendaftaran barang hadir masuk pasti mempengaruhi sejumlah hal inilah :

 

Jumlah stok barang.

Klaim pembayaran barang masuk dan keluar.

Dasar memesan barang.

Mempelajari trend sales.

Data persediaan ini menuntut ketepatan data secara real time dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Tugas Administrasi Keuangan

Membuat perencanaan keuangan, mulai dari perencanaan peminjaman, penerimaan, pengeluaran, dan pembayaran.

Menyusun informasi finansial harian, mingguan, bulanan dan tahunan

Mengelola modal kas, mulai dari membuka rekening, menilai setoran, menggarap kas, menangani pembayaran atas keharusan dan menjadikan daftar transaksi kas

Mengelola kredit dengan menggarap tagihan-tagihan

Mengurus surat berharga, salah satunya laksana menandatangi cek

Bekerja sama dalam menyusun kepandaian administrasi finansial dengan bagian beda yang bersangkutan cocok dengan visi dan tujuan perusahaan

Tugas Administrasi Marketing

Sales Order (SO)

Yang tersusun dari destinasi pengiriman, nama expedisi, nama barang, jumlah barang, berat barang dan jumlah total modal yang mesti dibayarkan.

 

Delivery Order (DO)

Yang isinya hampir sama dengan SO akan namun tidak tertera nilai rupiah di dalamnya. kedua slip ini (SO dan DO) merupakan berkas admin marketing yang tidak diterbitkan ke pelanggan.

 

Selanjutnya dilakukam penginputan Nota Penjualan yang berisi hampir sama dengan SO. terus terus meng-input Surat Jalan (SJ) dengan isian yang sama dengan DO dan Nota penjualan dan SJ berikut yang nantinya pasti dibawa oleh marketing saat ekspedisi barang ke pelanggan.

 

Alur selanjutnya ketika sampai ditempat pelanggan, marketing memberikan Nota Penjualan dan Surat Jalan ke pelanggan, dan pelanggan menciptakan pengecek-an situasi dan jumlah barang. sesudah seluruh sesuai dengan yang tercantum dalam kedua slip itu pelanggan wajib menyerahkan tanda tangan sebagai bukti barang telah diterima cocok orderan.

 

Faktur/invoice dicetak setelah Nota Penjualan dan SJ pulang ke admin marketing.

Credit Control

Untuk menciptakan penagihan pembayaran dikemudian hari, tapi andai Nota Penjualan, SJ dan Invoice tersebut ditunaikan tunai maka alurnya merupakan mengarah ke kasir guna di buatkan Kas Bon bukti sudah dilakukannya pembayaran dan canggih dilanjutkan pada Credit Control untuk dicoba pelunasan piutang.

 

Tugas Administrasi Bank

Tugas Penting dan Utama Staff Administrasi Bank

Melakukan pekerjaan pelayanan kantor, penyediaan pelayanan dan layanan administrasi perkantoran,sesuai peraturan yang berlaku untuk menyokong kelancaran operasional perusahaan.

Mengelola kas kecil dan kas besar guna menjadikan dan merangkai data keuangan

Memelihara dokumen dan sistem data yang ada ditempat kerjanya.

Melakukan pekerjaan administrasi laksana surat menyurat input data, rekap data, dan dokumentasi.

Menyusun informasi bulanan berupa informasi pekerjaan dan informasi keuangan.

Supporting dalam pekerjaan audit.

Tanggung Jawab Penting Secara Umum

Melakukan kegiatan persiapan ruang kerja dan perlengkapan kantor untuk semua pegawai, guna meyakinkan ketersediaan ruangan kerja dan perlengkapan kantor untuk masing-masing pekerja cocok dengan jenis kegiatan dan jabatan.

Melakukan kegiatan renovasi gedung kantor/kerja, guna meyakinkan seluruh gedung kantor tidak jarang kali siap operasional.

Melaksanakan pekerjaan surat-menyurat, arsip dan pengarsipan, guna meyakinkan sokongan administrasi guna kelancaran dan kelangsungan pekerjaan seluruh karyawan.

Membuat rencana dan mengevaluasi kerja harian dan bulanan guna meyakinkan tercapainya kualitas sasaran kerja yang dipersyaratkan dan sebagai bahan informasi untuk atasan.

Membuat perkiraan ongkos tahunan yang terkaitdengan pekerjaan office administration, sebagai rekomendasi penciptaan aturan departemen General Affair.

Melaksanankan bakal adanya keperluan dan pengadaan perangkat tulis kantor, perlengkapan kantor, peralatan kesucian dan ketenteraman kantor serta layanan fotokopi dan penjilidan.

Mengawasi pelaksanaan kesucian dan kenyamanan ruang kantor dan ketenteraman kantor.

Kunjungi: LMS ITech Metro

0 komentar:

Posting Komentar