pada umumnya digital marketing adalah semua jenis kegiatan pemasaran yang menggunkan media elektronik dan menggunakan internet.
Digital marketing sendiri sudah mewakili segala aktifitas pemasaran secara online, akan tetapi dapat mengandung beberapa aktifirta offline juga, lalu kenapa demikian?
berikut ini beberapa jenis digital marketing yang dapat kamu terapkan dalam menjalankan bisnismu
1. Content Marketing
content marketing merupakan sebuah jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan konten yang akan di berikan untuk para target pasaran atau pengunjung situs website. tujuan utamanya adalah untuk menarik aksi yang dapat menguntungan para pebisnis. contoh dari content marketing adalah: artikel dalam situs website, video, podcast, studi kasus, E-Book, dll.
2. SEO (Search Engine Optomization)
SEO merupakan sebuah proses untuk mendapatkan sebuah traffic berkualias yang baik dengan gratis atapun berbayar. kalau tujuanmu adalah untuk menarik banyak pengunjung, kamu bisa mengoptimalisasikan konten, contoh menentukan kata kunci yang sesuai untuk judul, deskripsi, website, dan membuat sebuah backlink yang sesuai. tanpa menggunakan SEO, situs website milikmu akan sulit untuk muncul di halaman pertama dan tidak ditemukan oleh pengunjung. SEO sangat penting dilakukan dalam kegitan Digital Marketing, karena SEO membantu websitemu stabul dan banyak pengunjung yang melihat websitemu dan akan mendatangkan keuntungan untukmu.
3. SEM (Search Engine Marketing)
SEM merupakan jenis strategi digital marketing yang sering banyak digunakan untuk meningkatkan visibilitas ddari sebuah website di hasil mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Mozila Firefox, dll. SEM dikenal juga sebagai pencarian berbayar (Paid Search), Pay Per Click, iklan pencarian berbayar. kamu hanya memerlukan bid di kata kunci yang digunakan pengunung di mesin pencari saat mencari sebuah produk sehingga saat hasil pencarian muncul, website atau iklan milikmu dapat muncul.
4. SMM (Social Media Marketing)
SMM lebih mengacu ke penggunaan platform sosial media untuk menarik banyak pelanggan. dengan memanfaatkan sosial media, kamu bisa membangun sebuah hubungan yang harmonis dengan para konsumen. sosial media marketing dapat meliputi kegiatan mendengarkan keluhan pelanggan, memulai sebuah obrolan dengan mereka, dan bebagi informasi.
5. Email Marketing
Email Marketing merupakan stategi digital marketing yang paling banyak diminati, dingkatnya, email marketing menggunakan email sebagai media promosi produk atau jasa yang dijual. email marketingjuga berfungsi untuk menjalin ghhubungan dengan para konsumen. kamu dapat mengirim email kepada konsumen untuk melakukan interaksi, akan tetapi kamu juga harus dapat meninggalkan sebuah kesan yang menarik untuk mereka mengenai produk yang kalian tawarkan.
banyak hal yang dapat mendukung email marketing, dari konten yang kamu buat hingga waktu saat kamu mengirim email.
6. Radio Advertising
radio advertising adalah sebuah promosi yang dilakukan dengan menggunakan media radio. walaupun terbilang kuno, radio advertising dapat mencapai 7.8% dari total seluruh pengeluaran digital marketing.
sama halnya dengan yang lain. agar dapat berjalan dengan sukses, kamu harus bisa menentukan target pasar dengan cara membuat sebuah script yang menarik dan menyewa penyiar radio yang terkenal dan menggunakan timing yang tepat.
7. Television Advertising
digital marketing tidak akan lengkap tanpa adanya yang satu ini. banyak orang yang menghabiskan waktunya selama berjam jam di depan televisi. television advertising dapat menjadi salah satu media pemasaran yang cukup jitu. dengan menggunakan strategi yang satu ini para konsumen akan melihat berulang ulang iklan yang ada di televisi.
0 komentar:
Posting Komentar