online marketing dan digital marketing merupakan istilah
yang sudah sering membuat bingung dan banyak yang menyalah artikannya. jika
kamu sudah mengetahui perbedaan diantara keduanya, kamu bisa menganalisa
strategi dan jenis marketing seperti apa yang harus dilakukan. apakah kamu bisa
membuat inisiatif jangka panjang yang berkelanjutan dengan hasil yang sama
& konsisten atau hanya akan membuay inisiatif berjangka pendek dengan hasil
yang banyak akan tetapi tidak konsisten? dengan kamu mengetahu perbedaannya
dapat membantumu untuk membentuk sebuah strategi marketing yang ampuh untuk
penjualanmu.
digital marketing adalah sebuah istilah penjualan yang
mengacu kepada penggunaan saluran digital, platform dan perangkat yang
digunakan dalam membangun atau mempromisikan pesananmu. atau dengan kata lain,
digital marketing tidak hanya sebatas menggunakan internet saja, digital
marketing bisa digunakan sebagai payung yang mencangkup banyak teknik
marketing.
selama teknologi terus berkembang, digital marketing juga
akan ikut berkembang. segala hal yang mempunyai dasar digital bisa disebut
dengan digital marketing, ada banyak sekali strategi digital marketing yang ada
dan sudah berkembang sampai saat ini, contohnya seperti: games, video
marketing, content marketing, iklan dalam televisi, dll.
internet marketing atau nama lainnya adalah online marketing
adalah sebuah bagian dari digital marketing yang memiliki karakteristik
utamanya adalah membutuhkan koneksi internet agar dapat melakukan pekerjaan.
contoh seperti saat kamu membuat sebuah email campaign untuk usaha, kamu akan melakukan sebuah bentuk dari online
marketing.
cotoh yang lainnya adalah kalau kamu sedang menjalankan
sebuah pop-up di dalam suatu situs web milikmu untuk membuat sebuah iklan dan
penarwaran dari produk atau jasa, maka hal yang sama akan berlaku untuk iklan
yang tampil dalam format apa pum. baik itu iklan yang berbentuk banner ataupun
iklan yang berbentuk teks, semua dapat diakses dengan menggunakan internet.
sama halnya dengan digital marketing, online marketing juga
akan berkembang bersama dengan teknologi, akan tetapi, online marketing mampu
meningkat dengan lebih crpat seiring dengan berlalunya waktu, sehingga akan
dirasa sangat sulit untuk mengikutinya, dan sebagai pendatang bari, nline marketing
bisa lebih rumit, hal ini dikarenakan online marketing membutuhkan banyak
ketrampilan dalam menggunakannya. dibawah ini adalah beberapa cara yang
meliputi kegiatan online marketing, yaitu:
SEO (optimasi situs web)
PPC (Google Search, Bing Search,)
Iklan bergambar (teks, gambar, video)
Social Media Marketing (Facebook, LinkedIn)
TV (jaringan Google’s Display)
sebenarnya, digital marketing dan online marketing tidak
memiliki perbedaan yang cukup banyak, definisi dari keduanya merupakan sebuah
teknisi saja. yang terpenting adalah kamu dapat memahami implikasi dari
masing-masing ketika sedang membangun dari seluruh rencana marketing milik
kamu. terlepas dari strategi marketing apapun yang kamu ingin pakai, kamu harus
tetap memiliki susunan atau rangkaian dari apa saja yang akan kamu jalankanj.
kira kira hasil seperti apa yang kamu ingin dapatkan? lalu bagaimana caranya
agar keinginanmu tercapai? apakah kamu akan menggunakan sebuah strategi jangka
pendek atau strategi jangka panjang? siapa saja yang menjadi target audiens dan
bagaimana perilaku dari targetmu itu apakah konsumtif atau tidak?. dengan kamu
mempunyai sebuah pertanyaan yang seprti itu lalu kamu dapat menjawab pertanyaan
pertanyaan itu, nantinya pasti akan membantumu menyadari sesuatu, kamu harus
berfokus pada online marketring atau digital marketing atau bisa jadi di
keduanya.
kunjungi: kursus digital marketing
0 komentar:
Posting Komentar